IISc Meluncurkan Param Pravega, Superkomputer Terbaru Dengan Kapasitas 3.3-Petaflop: Spesifikasi

Indian Institute of Science (IISc) telah memasang superkomputer baru yang diklaim sebagai salah satu yang paling kuat dari jenisnya di negara ini. Itu ditugaskan Param Pravega dan telah diinstal di bawah Misi Superkomputer Nasional (NSM), itu diklaim sebagai superkomputer terbesar di institusi akademik. Param Pravega IISc diklaim memiliki kapasitas superkomputer total 3,3 petaflops (1 petaflop sama dengan kuadriliun operasi per detik). Banyak komponen Param Pravega telah diproduksi dan dirakit di India. Ini “diharapkan untuk mendukung beragam penelitian dan pengejaran pendidikan,” menurut IISc.

Sesuai pengumuman Indian Institute of Science (IISc), lembaga pendidikan terkemuka telah berhasil memasang dan menugaskan superkomputer baru Param Pravega. Seperti disebutkan, superkomputer baru ini memiliki total kapasitas komputasi 3,3 petaflops. Param Pravega telah dirancang oleh Center for Development of Advanced Computing (C-DAC).

Spesifikasi Param Pravega

Param Pravega menampilkan campuran node yang heterogen dengan CPU Intel Xeon Cascade Lake dan GPU Nvidia Tesla V100. Kapasitas superkomputer puncak sebesar 3,3 petaflops dicapai dengan menggunakan sistem seri ATOS BullSequana XH2000. Param Pravega terdiri  dari 11 rak DCLC node komputasi, dua rak layanan node Master/Layanan, dan empat rak penyimpanan penyimpanan DDN.

Baca juga di Pandawanews.com untuk mendapatkan informasi terbaru tentang teknologi yang sesuai dengan keinginan anda.

Konfigurasi node Param Pravega mencakup dua node master, 11 node login, dua node firewall, empat node manajemen, satu slave NIS, dan 624 node komputasi  CPU + GPU . Node ini telah dibagi lagi menjadi tiga kategori  node CPU biasa, node CPU dengan memori tinggi, dan node GPU.

Node CPU biasa mendapatkan CPU Intel Xeon Cascade Lake 8628 2,9 GHz dalam konfigurasi dua soket yang memiliki 48 core, 192 GB RAM, dan 480 GB SSD per node. Param Pravega terdiri dari 428 node CPU biasa. Node CPU dengan memori tinggi memiliki 768GB RAM per node dan ada 156 node seperti itu di superkomputer IISc.

Ada 40 node GPU di Param Pravega dengan 2.5GHz Intel Xeon G-6248 CPU dengan RAM dan konfigurasi penyimpanan yang sama seperti node CPU biasa. GPU setiap node terdiri dari dua GPU Nvidia V100 Tesla (memori perangkat HBM2) 16GB.

Param Pravega mendapatkan ruang sebesar 4 petabyte melalui sistem file Lustre paralel berkecepatan tinggi dengan kecepatan throughput 100GB per detik. Superkomputer menjalankan OS Linux , berdasarkan distribusi CentOS 7.x. Sistem juga mendapatkan CUDA dan OpenAAC SDK untuk digunakan pada node GPU. Param Pravega juga memiliki perpustakaan matematika, ilmiah, dan aplikasi seperti Intel-MKL, perpustakaan Ilmiah GNU, HDF5, NetCDF, dan berbagai perpustakaan matematika dan manipulasi data berbasis Python .

Ini bukan superkomputer pertama IISc. Ia mengakuisisi SahasraT pada tahun 2015 dan merupakan superkomputer tercepat di India pada saat itu. IISc telah menggunakan SahasraT untuk penelitian tentang COVID-19 dan penyakit menular lainnya. Banyak penelitian yang dilakukan dengan menggunakan SahasraT meliputi simulasi aliran turbulen untuk teknologi energi hijau, perubahan iklim dan dampak terkait, antara lain. IISc bertujuan untuk memperkuat penelitian tersebut dengan Param Pravega.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.