Gadget Terbaik 2021: Pembelian Favorit Kami, Dari PlayStation 5 hingga Pixel 4a

Tahun 2021 sangat mirip dengan tahun 2020 kami menghabiskan sebagian besar tahun di dalam ruangan, dan saat dunia mulai terbuka, rasanya kami akan tenggelam kembali ke dalamnya berkat varian Omicron. Dan itu berarti, seperti tahun lalu, kita semakin mengandalkan gadget dan perangkat daripada sebelumnya. Di Gadget 360, kami tidak hanya meninjau ratusan produk setiap tahun tetapi seperti orang lain, kami juga membeli barang untuk diri kami sendiri. Audio adalah kategori produk paling populer di bawah ini, dengan beberapa orang berinvestasi dalam perlengkapan tingkat audiophile. Telepon, seperti biasa, juga termasuk dalam daftar teratas. Kita tidak bisa bertahan tanpa mereka. Dan selain laptop biasa, konsol game, mikrofon, dan mouse, ada beberapa langganan yang layak dibaca. Dan plus, aksesori sepeda.

Kami harap Anda akan menemukan sesuatu di bawah ini yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda atau menggairahkan Anda tentang sesuatu yang Anda tidak tahu Anda inginkan. Menghadirkan pembelian (teknologi) favorit staf Gadget 360 tahun ini.

Abhinav Lal , Sennheiser HD 599 Edisi Khusus

Ini adalah pembelian impulsif setelah fase apresiasi musik yang memanjakan diri sendiri pada bulan Februari, ketika saya memutuskan saya akhirnya membutuhkan headphone kelas audiophile. Dengan normal baru bekerja dari rumah, saya merasa akhirnya dapat memperoleh banyak nilai harian dari sepasang headphone terbuka, tanpa mengganggu rekan kerja atau mengkhawatirkan portabilitas.

Dengan anggaran kecil menurut standar audiophile sekitar Rs. 10.000, saya menghabiskan beberapa waktu untuk meneliti opsi, dengan lebih dari sedikit bantuan dari audiophile residen Ali Pardiwala , dan menemukan kesepakatan kilat di Amazon pada Sennheiser HD 599 SE. Dari apa yang saya pahami, headphone pada dasarnya identik (kecuali untuk perbedaan warna) dengan HD 599, tetapi berlisensi dan diproduksi secara massal oleh Amazon  membuatnya sedikit lebih murah (hampir setengah harga) dibandingkan.

Baca juga di biggu.com untuk mendapatkan informasi terbaru tentang teknologi yang sesuai dengan keinginan anda.

Saya cukup senang dengan pembelian ini, menikmati suara yang terbuka dan detail. Saya bermain-main dengan equalizer dan efek suara bawaan laptop saya, mencoba aplikasi Dolby Access untuk suara Atmos dan lebih banyak fitur, tetapi pada akhirnya, saya merasa headphone paling baik digunakan dengan semua equalizer dan fitur dimatikan. Sementara di masa lalu saya telah membuat penawaran biasa-biasa saja memberikan suara terbaik dengan menyesuaikan level, kaleng baru saya memberi saya kesempatan untuk mendengarkan musik seperti yang dimaksudkan untuk terdengar.

Beli: Sennheiser HD 599 Edisi Khusus

Aditya Nath Jha dan Jasmin Jose , MacBook Air M1

Aditya: Saya sudah lama berada di ekosistem Apple . Setelah menggunakan iMac 27-inci selama enam bulan dan masih tidak puas dengan tingkat kinerja yang saya terima untuk pengeditan video, saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan MacBook Air M1 . Saya sangat terkejut, mesin 13-inci yang gesit memiliki kekuatan yang cukup untuk melakukan pengeditan video 4K saya dengan desain tipis tanpa kipas.

Jasmin: Saya ingin membeli MacBook selama beberapa tahun sekarang, tetapi untuk tahun ini, iPhone 13 Pro yang saya perhatikan. Saya telah melacak semua pembaruan yang telah keluar tentang iPhone baru dan bersemangat untuk membelinya. Tapi saya pikir takdir telah menyiapkan MacBook ini untuk saya. Laptop sebelumnya yang saya gunakan cepat rusak, dan saya tidak punya pilihan selain mendapatkan laptop baru dan dalam semangat #YOLO saya melanjutkan dan membeli MacBook Air M1.

Aditya: Dengan beberapa penawaran kartu yang luar biasa dan diskon untuk pendidikan, saya mendapatkan perangkat saya dengan harga kurang dari Rs. 80.000. Untuk harga seperti itu, saya menemukan itu sebagai laptop ultra-portabel terbaik untuk semua kebutuhan pekerjaan saya. Yang pasti, ada beberapa masalah yang terkait dengan beberapa aplikasi yang tidak kompatibel dengan Apple Silicon terbaru, tetapi saya dapat menemukan alternatif untuk hampir semua hal dalam bentuk aplikasi asli. Produktivitas saya meningkat, saya dapat menyelesaikan lebih banyak hal sepanjang tahun dan satu-satunya kelemahan yang saya rasakan adalah kurangnya tampilan yang lebih besar di laptop ringkas ini. Sejujurnya, itu adalah pembelian yang sangat berharga bagi saya. Saya akan memberikannya 9 dari 10.

Jasmin: Ya, saya juga sangat menyukai MacBook Air M1 saya. Ramping, halus, senyap, dan yang terpenting, sangat indah (saya dapat yang berwarna emas). Perangkat mengisi daya dengan cepat dan akan berjalan selama 12 jam atau lebih dengan sekali pengisian daya, tergantung pada penggunaan. Ini sangat ringan, praktis, cepat, dan mempertahankan suhu pengoperasian yang rendah bahkan tanpa kipas. Layar kecil terkadang melelahkan dan jumlah port lebih sedikit (sangat), jadi Anda pasti harus membeli hub USB-C sebagai tambahan. Saya pikir saya akan memberikannya 8,5 dari 10.

Baca ulasan terperinci dari pengulas internal kami yang tersayang: ulasan MacBook Air M1

Beli: MacBook Air M1

Aditya Shenoy , Parani M10 Intercom

Saya akhirnya mendapatkan interkom helm tahun ini. Sena 30K dan Cardo Packtalk Bold selalu menjadi daftar keinginan saya setiap tahun, tetapi penguncian membuat perjalanan akhir pekan saya tertunda. Ketika saya menemukan interkom helm Parani M10, saya senang melihat fitur yang ditawarkannya dengan harga yang relatif murah. Dan karena didukung oleh Sena, saya berani bertaruh untuk yang satu ini.

Komunikator Parani M10 menempel pada helm sepeda motor dan memiliki dua speaker dan mikrofon. Dapat digunakan untuk memutar musik, dan juga dapat digunakan untuk berbicara dengan sesama pengendara sepeda motor lain yang menggunakan unit serupa.

Parani M10 dengan cepat menjadi investasi terbaik untuk perjalanan saya. Saya dapat dengan mudah terhubung ke teman-teman saya di komunikator mereka saat bersepeda. Ini benar-benar menghilangkan kebutuhan untuk mengambil banyak jeda dan koordinasi. Saat berkendara sendirian, ini juga menentukan arah navigasi di dalam helm, sehingga tidak perlu menarik smartphone berulang kali.

Beli: Parani M10

Akhil Arora , PlayStation 5

Sejujurnya, saya tidak yakin apakah ini ada di sini karena saya sangat menyukainya atau karena saya bahkan berhasil mendapatkannya. Jika Anda telah mencoba untuk membeli konsol generasi berikutnya tahun lalu, Anda akan tahu apa yang saya maksud. Berkat pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung yang mengganggu rantai pasokan, menyebabkan kekurangan chip, dan menaikkan harga komponen, baik Sony maupun Microsoft mengalami kesulitan membuat cukup PlayStation 5 dan Xbox Series X untuk memenuhi permintaan. Lebih buruk lagi, mereka memperkirakan masalah ini akan berlanjut hingga tahun 2022, jadi keadaan tidak akan membaik dalam waktu dekat.

Membeli PS5 di India adalah upaya yang sangat besar. Ini melibatkan kecepatan kilat dengan jari Anda (stok habis dalam satu menit jika bukan detik), menggunakan peretasan Bizantium untuk membuat diri Anda berada di depan antrian (hanya melakukan perjalanan melalui grup Facebook dan grup Discord ), dan banyak keberuntungan itu semuanya berjalan dengan baik untuk Anda (baik selama pemesanan dan pengiriman, karena sebagian besar situs web diketahui menghadapi masalah teknis dan beberapa dikenal karena membatalkan pra-pemesanan). Dengan asumsi Anda bisa mengarungi semua itu, ada kemungkinan Anda bisa mendapatkannya.

Inilah mengapa PS5 Digital Edition adalah gadget yang paling saya sukai di tahun 2021. Bukan karena ini adalah perangkat keras yang fantastis dan saya senang dengan game yang akan saya mainkan ya, memang, dan saya tetapi karena dari upaya belaka yang terlibat dalam membeli satu. Maksud saya, lebih mudah untuk mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19 saya pada bulan Mei, ketika stok sangat langka. Kami memasuki tahun kedua rilis PS5 dan Xbox Series X, tetapi jika Anda tidak dapat membeli sesuatu tanpa kerepotan seperti itu, apakah itu sudah dirilis?

Beli: PlayStation 5 Digital Edition , jika Anda dapat menemukannya

Ali Pardiwala , Apple One

Anehnya saya tidak membeli gadget apapun tahun ini, malah menghabiskan banyak uang untuk hal-hal sepele seperti biaya sekolah dan bensin. Namun, saya mendaftar untuk paket keluarga Apple One , layanan berlangganan perusahaan yang mencakup Apple Music , Apple TV+ , Apple Arcade , dan penyimpanan iCloud . Saya sudah menggunakan tiga dari empat layanan dan membayarnya satu per satu, jadi mendaftar ke Apple One adalah hal yang mudah.

Sebagai hasil dari mendapatkan 200GB penyimpanan cloud di iCloud, saya juga akhirnya mencadangkan MacBook saya ke iCloud dan akhirnya mengosongkan beberapa ruang pada hard drive kecil 128GB. Karena ruang penyimpanan tersedia untuk anggota keluarga, istri saya akhirnya berhasil mencadangkan beberapa gambar dan data penting juga. Kami sudah kecanduan Apple Arcade dan Apple TV+, dan Apple Music dengan resolusi tinggi pada tahun 2021 hanya mempermanis kesepakatan.

Tentu saja, utilitas Apple One sangat bergantung pada seberapa dalam Anda berinvestasi di ekosistem Apple. Jika Anda memang memiliki beberapa perangkat Apple, layanan berlangganan ini harus dimiliki, dan akan membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang.

Beli: Apple One

Ashri Khandelwal , tripod Digitek

Tahun ini, saya ingin membuat pengaturan dasar di rumah tempat saya dapat merekam video saya. Dan hal pertama yang ada di daftar teratas saya adalah tripod. Jadi saya melanjutkan dan membeli tripod Digitek yang dapat digunakan untuk smartphone dan juga kamera. Dan, dari semua produk teknologi lain yang saya beli tahun ini, tripod ini adalah yang terbaik untuk saya dan mungkin yang paling terjangkau. Ini adalah nilai uang yang besar dan terbaik untuk pemula.

Tripod ini dilengkapi dengan tas jinjing, sehingga saya dapat dengan mudah memindahkannya baik di dalam maupun di luar ruangan untuk pemotretan. Ini dapat diandalkan, kokoh, dan kompak, jadi apakah saya harus merekam video dalam format horizontal atau vertikal, itu bekerja dengan baik untuk saya. Dan, yang sangat saya sukai dari tripod ini adalah, pemasangannya membutuhkan waktu satu menit dan dapat dilipat menjadi dua. Saya bisa membuka lipatannya dan menyimpannya di dalam, atau membiarkannya berdiri di kamar saya di sudut untuk akses cepat.

Beli: Tripod digitek

Cyrus John , Maono AU-100 Kondensor Mikrofon

Saya membeli mikrofon Maono Au-100 Condenser murni untuk tujuan kerja. Karena saya akan terlibat dalam pembuatan banyak konten video untuk saluran YouTube Gadgets360, saya pikir berinvestasi dalam mikrofon kerah akan menyelesaikan masalah audio yang saya hadapi sebelumnya. Alasan saya memilih merek dan varian khusus ini adalah karena sangat direkomendasikan oleh beberapa kenalan saya yang telah menggunakan mikrofon sebelumnya. Dan juga, karena menawarkan dukungan untuk smartphone dan kamera digital. Belum lagi kabel 6 meter yang juga banyak membantu selama pemotretan di luar ruangan.

Beli: Klip Kondensor Maono AU-100 Pada Mikrofon Lavalier

David Delima , Sony WH-CH710N

Saya membeli Sony WH-CH710N tahun ini untuk menggantikan headphone Sennheiser HD 4.40 BT lama saya yang berhenti berfungsi setelah sekitar empat tahun penggunaan berat. Meskipun saya telah sering menggunakan earbud nirkabel in-ear sejati tahun ini termasuk Galaxy Buds Plus , LG Tone Free FN7 dan OnePlus Buds Pro , saya lebih suka kenyamanan dan akustik headphone Sony WH-CH710 saat mengejar ketinggalan. acara TV atau film favorit saya. Mereka juga sangat ringan, yang berarti mereka tidak mengganggu saya bahkan ketika saya mendengarkan daftar putar Spotify yang lebih lama.

Beli: Sony WH-CH710N

Harpreet Singh , Tenang Premium

Tahun 2021 adalah tahun yang melelahkan, baik secara mental maupun fisik. Untuk menjaga diri saya tetap waras, saya berlangganan Calm . Bagi mereka yang tidak sadar, Calm adalah aplikasi yang pada dasarnya memungkinkan Anda mendinginkan otak. Paket Premium tahunan membuka banyak fitur setelah uji coba gratis 7 hari. Saya telah mencoba beberapa aplikasi berdasarkan ide yang sama, tetapi tidak dapat menggunakannya karena suatu alasan.

Saya menggunakan Calm sekali di pagi hari sebelum saya memulai hari saya, dan sekali sebelum saya tidur. Saya tidak akan mengatakan itu adalah solusi satu atap yang ajaib untuk semua masalah Anda, tetapi itu memang memiliki efek menenangkan setelah beberapa waktu. Saya kira membayar untuk Calm mungkin benar-benar membuat saya menggunakannya lebih teratur, dan membantu saya menjaga tingkat kecemasan dan stres saya terkendali.

Jagmeet Singh dan Sheldon Pinto , Pixel 4a

Kami berdua ingin membeli Pixel 4a, tetapi karena alasan yang sedikit berbeda. Jagmeet tidak suka memutakhirkan ponsel cerdas setiap tahun, dan Sheldon telah menjadi pengguna iPhone untuk waktu yang lama, bahkan saat ia meninjau ponsel cerdas Android secara teratur.

Jagmeet membeli Google Pixel 4a-nya sebagai smartphone sekunder, terutama untuk menguji fitur perangkat lunak baru, yang sebagian besar muncul pertama kali di perangkat Pixel. Sheldon, di sisi lain, beralih dari iPhone 11 ke Pixel 4a mencari kamera yang lebih baik untuk mengambil foto produk dan gambar balitanya.

Keduanya setuju pada fakta bahwa Pixel 4a hanya ideal untuk sekelompok pembeli tertentu. Itu tidak memiliki 5G (jadi tidak tahan di masa depan), dan juga tidak ada tampilan kecepatan refresh yang tinggi. Tetapi Anda mendapatkan pembaruan tercepat dalam hal perangkat lunak dan pengalaman keseluruhan juga cukup lancar meskipun dikemas dalam perangkat keras yang lebih lama di dalamnya.

Kualitas kamera biasanya Pixel; kami berdua tampaknya cukup puas dengan kualitas gambarnya. Jagmeet juga mengambil beberapa bidikan umum dari telepon yang juga tersedia di beberapa artikel kami .

Namun Jagmeet tidak terlalu terkesan dengan daya tahan baterainya, yang menurutnya akan jauh dari harapan jika Anda adalah pengguna berat. Sisi baiknya, ini lebih kecil dari kebanyakan ponsel, yang sekali lagi menarik bagi audiens khusus yang mencari desain yang ringkas.

Beli: Pixel 4a

Nithya P Nair , OnePlus Bullets Wireless Z Series

Itu adalah keputusan mendadak untuk membeli headset Bluetooth OnePlus Bullets Wireless Z-in ear. Itu adalah yang paling terjangkau dari OnePlus , jadi saya tidak menghabiskan lebih dari dua menit untuk berpikir sebelum memesan. Itu adalah pengganti saya untuk Apple Wired Earpods. Kelihatannya bagus dan juga memiliki daya tahan baterai yang baik  fitur yang paling saya sukai. Ini berfungsi dengan baik dengan ponsel Android dan Apple saya. Sorotan utama lainnya adalah dukungan pengisian cepat. Suara yang sangat mengesankan untuk harganya.

Beli: OnePlus Bullets Wireless Z Series

Robin John , Sony WH-1000XM4

Ya, saya membeli sepasang headphone Bluetooth lagi , saya tidak tahu mengapa. Namun, ini mungkin pembelian teknologi terbaik yang pernah saya lakukan selama bertahun-tahun. Saya sudah lama ingin memiliki headphone andalan dari Sony . Sony WH – 1000XM3 cukup bagus, tetapi tidak memiliki beberapa fitur yang dapat diterapkan oleh penerusnya. XM4 tidak membawa perubahan desain yang revolusioner, melainkan mengikuti garis XM3 dan sangat sulit untuk membedakannya. Saya tidak perlu memberi tahu Anda tentang kualitas suara, kenyamanan dan kemudahan penggunaan pada XM4, itu copacetic.

Tapi yang paling saya suka dari headphone ini adalah faktor kenyamanannya. Ini juga mendukung multipoint Bluetooth; ini pada dasarnya memungkinkan headphone untuk terhubung dengan dua perangkat berbeda secara bersamaan. Ini berarti saya bisa memakainya dan mengedit video di PC saya sambil juga menonton gulungan di ponsel saya, headphone dengan cerdas memilih perangkat yang memutar audio dan terus beralih jika perlu. Selain itu, ia juga memiliki deteksi in-ear. Sensor jarak ditempatkan di dalam cup telinga kiri ini pada dasarnya menjeda media saat Anda melepas headphone dari telinga Anda. Namun, saya menemukan bahwa kadang-kadang tidak konsisten dan glitchy.

Ini membawa saya ke hal terbaik berikutnya tentang headphone ini, Pembatalan Kebisingan Aktif, juga dikenal sebagai ANC. Sejauh ini yang terbaik yang saya pribadi telah mencoba. Saya tidak dapat membayangkan berapa kali orang tua saya meneriaki saya karena tidak menjawab mereka kembali, tetapi itu adalah cerita untuk hari lain. Anda dapat secara manual mengatur tingkat pembatalan bising (antara lain) di aplikasi yang tersedia di iOS dan Android.

Ini, seperti yang disebutkan sebelumnya, termasuk dalam kereta musik andalan dan cukup mahal, seperti yang Anda duga. Ini dijual dengan banderol harga Rs. 26.990. Untungnya, selama penjualan Diwali di Amazon , saya bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rs. 24.990. Saya tahu ini sangat mahal, tetapi jika Anda adalah seseorang yang audiophile, maka ini adalah perangkat yang harus ada di daftar keinginan Anda.

Beli: Sony WH-1000XM4

Shayak Majumder , Philips TAPB603 3.1 Dolby Atmos Soundbar

Bagi saya, 2021 adalah tentang pergi ke Dolby . Setelah mendengar segala macam pujian untuk Dolby Vision dan Dolby Atmos , saya benar-benar ingin ikut-ikutan dan mengalami semua keriuhan itu tanpa membuat lubang serius di saku saya. Saya mulai dengan membeli TV 4K entry-level dengan dukungan Dolby Vision dan akhirnya membeli AmazonBasics Fire TV Edition varian 43 inci . Sementara Dolby Vision meningkatkan manifold visual, speaker 20W inbuilt TV tidak melakukan keadilan untuk film dan acara TV Dolby Atmos di Netflix dan layanan streaming lainnya.

Saat itulah saya memutuskan untuk menggunakan soundbar Dolby Atmos. Setelah beberapa hari menjelajahi soundbar kelas menengah, saya memutuskan untuk menggunakan Philips TAPB603 . Di sekitar Rs. 30.000 melalui Flipkart , saya mendapatkan semua yang saya butuhkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Terlepas dari dukungan Dolby Atmos, Philips TAPB603 menawarkan output 3.1-channel, 320W suara yang kuat (berkat subwoofer yang berdebar), beberapa pilihan konektivitas (termasuk Bluetooth, HDMI ARC, dan Optical), dan desain yang cantik dan ramping.

Bagaimana pengalamannya? Nah, Philips TAPB603 dan Dolby Atmos membuat saya jatuh cinta lagi dengan suara. Izinkan saya untuk membagikan sebuah contoh. Jika Anda telah menonton The Haunting of Hill House di Netflix, Anda mungkin ingat betapa pentingnya episode keenam Dua Badai itu. Dengan Dolby Atmos, saya dapat mengalami kembali episode tersebut dan menemukan detail yang lebih baik bahkan setelah menonton acara yang sama untuk keempat kalinya. Gemuruh gemuruh badai membuat tempat tidur dan sofa saya bergetar, dan intensitas bass meningkat perlahan saat badai meningkat secara bertahap seiring berjalannya cerita, sesuatu yang tidak pernah saya rasakan selama sesi menonton saya sebelumnya.

Philips TAPB603 tidak keras, ingatlah. Memiliki subwoofer tidak hanya berarti ledakan suara, tetapi apa yang dilakukan Dolby Atmos adalah menambahkan kemahiran pada suara. Itu membuat urutan yang keras lebih berdampak dengan timbre yang halus, sekaligus membuat urutan yang lebih tenang menjadi lebih berdampak. Begitulah cara film atau acara TV yang diproduksi dengan baik dibayangkan oleh insinyur suara dan sutradara. Dan, idealnya, bagaimana suara harus dialami untuk benar-benar membenamkan diri Anda ke dalam apa yang Anda tonton. Jika Anda salah satu dari mereka yang benar-benar menghargai irama dari apa yang Anda dengar, Dolby Atmos adalah cara yang tepat dan Philips TAPB603 adalah pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan.

Beli: Philips TAPB603 3.1 Dolby Atmos Soundbar

Siddhant Chandra, Moto G 5G

Pada awal tahun ini, saya menemukan diri saya mencari smartphone baru. Persyaratan saya: masa pakai baterai yang besar, layar besar, dan kinerja yang layak. Saya juga bukan orang yang sering mengganti ponsel, jadi handset yang mendukung teknologi 5G sepertinya merupakan pilihan yang ideal. Oleh karena itu, saya memilih Moto G 5G , smartphone kelas menengah yang siap 5G dan mengemas baterai 5.000mAh yang tahan lama.

Moto G 5G, setelah terisi penuh, dapat dengan mudah membuat saya mendengarkan musik hampir seharian penuh dengan earphone berkabel. Saya telah menonton tiga film berturut-turut dan bahkan menghabiskan seluruh musim di Netflix tanpa perlu meraih pengisi daya. Layar 6,67 inci dengan resolusi full-HD+ membuat pengalaman streaming semakin menyenangkan.

Selain itu, pengalaman stok Android yang ditawarkan oleh Motorola selalu menjadi motivasi untuk membeli smartphone-nya. Handset Motorola juga cenderung cukup tahan lama, dan yang satu ini tidak terkecuali. Itu telah mampu bertahan beberapa kali jatuh selama periode penggunaannya.

Moto G 5G dapat menjalankan sebagian besar game dengan lancar, tetapi game yang intensif grafis cenderung memanas setelah sekitar satu jam bermain game. Performa pengaturan kamera belakang 48 megapikselnya juga kurang memuaskan. Terlepas dari beberapa masalah kecil ini, Moto G 5G adalah pembelian yang bagus untuk pengguna yang terutama menggunakan media musik, film, atau acara TV pada perangkat genggam.

Beli: Moto G 5G

Yousuf Jawed , mouse ergonomis Amazon Basics

Mouse ergonomis dasar Amazon , seperti namanya, bagus dalam hal ergonomi dan desain. Saya sangat kecewa dengan konsistensi roda gulirnya, dan saya tidak bisa mendapatkan dukungan yang tepat dari Amazon. Seperti yang Anda ketahui, Anda harus menghubungi pemasoknya Cloudtail yang tidak berguna. Karena proses yang membosankan untuk mendapatkan dukungan purna jual, saya hanya berdamai dengan roda gulir yang rusak. Konon, mouse adalah produk yang bagus secara keseluruhan dalam kisaran harganya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.