Cara Melihat Kata Sandi Wi-Fi yang Tersimpan di Android

Perlu melihat kata sandi Wi-Fi untuk jaringan yang disimpan di ponsel Android Anda? Inilah semua yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan kata sandi Wi-Fi Anda menggunakan Android.

Ingin tahu bagaimana cara melihat kata sandi Wi-Fi di Android? Mungkin Anda terhubung ke jaringan di mana Anda lupa kata sandinya, atau ingin memeriksa kata sandi untuk jaringan teman sehingga Anda dapat menghubungkan perangkat lain ke jaringan itu.

Apa pun alasannya, kami akan menunjukkan cara menemukan kata sandi Wi-Fi yang tersimpan di Android menggunakan beberapa metode berbeda. Perhatikan bahwa ini hanya memungkinkan Anda melihat kata sandi untuk jaringan yang pernah Anda sambungkan sebelumnya. Anda tidak dapat menggunakannya untuk menemukan kata sandi Wi-Fi untuk jaringan yang belum pernah Anda ikuti; Anda harus menanyakan kata sandi kepada seseorang yang mengelola jaringan.

Cara Melihat Kata Sandi Wi-Fi di Android Tanpa Root

Mulai di Android 10, Anda sekarang dapat melihat kata sandi Wi-Fi untuk jaringan yang Anda simpan tanpa perangkat yang di-rooting. Mari kita lihat bagaimana melakukan ini menggunakan stok Android 11 pada perangkat Pixel prosesnya mungkin terlihat sedikit berbeda tergantung pada ponsel dan versi Android Anda.

Untuk melihat kata sandi Wi-Fi di Android 10 atau lebih baru, buka Pengaturan dan buka Jaringan & internet. Di Android 10 atau 11, ketuk Wi-Fi. Di Android 12, Anda harus memilih Internet sebagai gantinya.

Anda kemudian akan melihat jaringan Wi-Fi Anda saat ini di bagian atas daftar. Pilih untuk melihat opsi jaringan. Jika Anda tidak tersambung ke jaringan yang benar, pilih jaringan lain dari daftar, atau periksa entri Jaringan tersimpan di bagian bawah halaman.

Pada halaman ikhtisar jaringan Wi-Fi, pilih tombol Bagikan. Anda harus mengonfirmasi wajah/sidik jari, atau memasukkan kode PIN, untuk melanjutkan. Setelah melakukannya, Anda akan melihat kata sandi Wi-Fi jaringan Anda tercantum di bawah kode QR.

Sekarang Anda mengetahui kata sandi Wi-Fi jaringan Anda dan dapat memberikannya kepada orang lain, atau memasukkannya di perangkat lain.

Kode QR yang ditampilkan di halaman ini membuat proses menjadi lebih nyaman, karena memungkinkan perangkat lain bergabung ke jaringan tanpa perlu memasukkan kata sandi. Ini meningkatkan keamanan jaringan dengan menyembunyikan kata sandi yang sebenarnya, serta menghindari rasa frustrasi karena salah mengetik kata sandi.

Jika Anda berbagi kata sandi dengan perangkat Android, ketuk ikon Kode QR di sebelah Tambahkan jaringan di bawah daftar jaringan Wi-Fi. Jika orang lain memiliki iPhone, minta mereka memindai kode menggunakan aplikasi Kamera, lalu ketuk perintah untuk bergabung.

Dimulai dengan Android 12, Anda juga akan melihat tombol Di Sekitar yang memungkinkan Anda membagikan kata sandi dengan perangkat Android lain di sekitar Anda. Ini menggunakan fungsi Berbagi Terdekat , dan menghemat langkah karena harus memindai kode QR dari layar perangkat Anda.

Untuk kenyamanan, Anda mungkin ingin mengambil tangkapan layar kode QR sehingga Anda dapat mengirimkannya ke orang lain tanpa melalui menu di atas setiap saat. Ingatlah bahwa siapa pun yang memiliki kode itu dapat bergabung dengan jaringan Wi-FI Anda.

Cara Melihat Kata Sandi Wi-Fi di Android 9 dan Lebih Lama

Jika Anda menjalankan Android 9 atau lebih lama, atau ponsel Anda tidak menampilkan opsi di atas karena alasan tertentu, Anda harus beralih ke opsi lain untuk mengungkapkan kata sandi Wi-Fi Anda. Sayangnya, semua metode ini membutuhkan perangkat Android yang di-rooting.

Ini karena file yang menyimpan kredensial Wi-Fi untuk jaringan yang disimpan berada di direktori penyimpanan ponsel Anda yang dilindungi. Anda tidak memiliki izin untuk melihat folder, atau file di dalamnya, kecuali Anda telah di-root.

Jika Anda memiliki perangkat yang di-rooting dan ingin melihat kata sandi Wi-Fi Anda di Android, Anda dapat menuju ke /data/misc/wifi menggunakan aplikasi penjelajah file yang mendukung penelusuran root. Buka wpa_supplicant.conf dan Anda akan melihat nama jaringan Anda ( ssid ) dan kata sandinya ( psk ).

Jika ini tidak berhasil, atau Anda ingin mencoba metode lain, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi penampil kata sandi Wi-Fi Android seperti WiFi Password Viewer . Ini memungkinkan Anda memilih jaringan yang disimpan untuk melihat kata sandi.

Mereka membutuhkan root, dan memiliki ulasan yang beragam, sehingga jarak tempuh Anda mungkin berbeda. Jika ponsel Anda mengenkripsi file yang berisi kata sandi Wi-Fi, tidak banyak aplikasi seperti ini yang dapat dilakukan.

Baca juga: Kumpulan Berita Informasi Terpercaya

Lihat Kata Sandi Wi-Fi di Perangkat Lain

Ini adalah dua metode utama untuk melihat kata sandi Wi-Fi yang disimpan di Android. Jika Anda tidak di-root dan menggunakan Android 9 atau lebih lama, cara terbaik Anda adalah memeriksa kata sandi Wi-Fi di perangkat desktop. Ini membuatnya jauh lebih mudah lihat cara menemukan kata sandi Wi-Fi di Windows 10 atau cara melihat kata sandi Wi-Fi di Mac untuk mendapatkan bantuan.

Di masa mendatang, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi sehingga Anda memiliki catatan sendiri tentang kata sandi Wi-Fi penting dan tidak perlu menggunakan metode penyelesaian ini. Anda juga harus memastikan jaringan Wi-Fi Anda terlindungi dari serangan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *