15 Trik WhatsApp Tersembunyi yang Harus Anda Coba Sekarang

Anda mungkin berpikir Anda tahu segalanya tentang WhatsApp. Namun, seperti apa pun yang terkait dengan teknologi, selalu ada lebih banyak trik, tip, dan fitur untuk dipelajari dan digunakan.

 

Anda mungkin berpikir Anda tahu semua yang perlu diketahui tentang WhatsApp. Lagi pula, dengan lebih dari 2 miliar pengguna, wajar untuk berasumsi bahwa Anda menggunakan aplikasi setidaknya sekali sehari. Namun, seperti apa pun yang terkait dengan teknologi, selalu ada lebih banyak trik, tip, dan fitur untuk dipelajari dan digunakan.

Pada artikel ini, kami mencantumkan beberapa trik WhatsApp tersembunyi terbaik yang akan membantu Anda memaksimalkan WhatsApp.

1. Buat Pintasan WhatsApp untuk Percakapan

Apakah Anda terus-menerus menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan kepada dua atau tiga orang yang sama? Istri? Pacar? Anjing?

Jika demikian, tahukah Anda bahwa Anda dapat menyederhanakan pengalaman Anda dengan menambahkan pintasan percakapan ke layar beranda perangkat Anda? Cukup buka aplikasi, klik pada tab Obrolan, dan tekan lama pada percakapan yang ingin Anda buat pintasan WhatsApp.

Setelah Anda menyorot obrolan, ketuk Opsi (tiga titik vertikal di sudut kanan atas), dan pilih Tambahkan pintasan obrolan dari menu popup.

2. Kecualikan Gambar WhatsApp Dari Perpustakaan Anda

Fitur berbagi WhatsApp adalah alat yang hebat, tetapi kadang-kadang bisa mengganggu terutama jika Anda adalah bagian dari grup yang bersikeras mengirim ratusan gambar meme dan lelucon setiap minggu.

Gambar-gambar itu dapat menyumbat perpustakaan Anda, menggunakan ruang memori yang berharga, dan bisa sangat memalukan jika berakhir di depan mata yang salah.

Anda dapat memastikan gambar WhatsApp tidak berakhir di perpustakaan telepon Anda dengan menuju ke Pilihan > Obrolan > Pengaturan Obrolan dan menjentikkan sakelar di sebelah Visibilitas media ke posisi Mati.

3. Simpan Penyimpanan pada Gambar dan Video

WhatsApp secara otomatis mengunduh semua foto, video, file audio, dan dokumen ke perangkat Anda setelah diterima. Mengingat jumlah file media yang mungkin Anda terima dalam minggu tertentu, itu tidak ideal. Kecuali Anda tetap di atas perpustakaan foto Anda, ukurannya dengan cepat akan lepas kendali.

Sangat mudah untuk menghentikan hal ini terjadi dan menghemat penyimpanan (dan data). Ketuk Opsi lainnya dan buka Pengaturan> Penggunaan data dan penyimpanan. Di bawah Unduh otomatis media, ketuk Saat menggunakan data selulerSaat terhubung di Wi-Fi, dan Saat roaming dan hapus centang semua kotak.

4. Jadwalkan Pesan WhatsApp

Apakah kamu pelupa? Bosan mengabaikan ulang tahun orang tua Anda atau ulang tahun saudara perempuan Anda? Jangan takut, WhatsApp dapat membantu berkat pesan terjadwal.

Anda harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk memulai. Salah satu aplikasi yang tersedia di Android dan iOS adalah SKEDit. Anda dapat menjadwalkan posting, memprogram balasan otomatis, mengatur pengingat, dan banyak lagi.

5. Kirim BCC di WhatsApp Menggunakan Siaran

Blind Carbon Copy (BCC) adalah fitur email yang sering digunakan yang memungkinkan Anda mengirim pesan yang sama ke banyak orang tanpa penerima mengetahui siapa lagi yang mendapatkan komunikasi.

Fakta yang sedikit diketahui bahwa WhatsApp memungkinkan Anda melakukan hal yang sama. Fitur tersebut disebut Broadcast. Untuk menggunakannya, klik Opsi lainnya > Siaran Baru dan masukkan nama orang yang ingin Anda kirimi pesan. Anda akan dapat melihat siapa yang membukanya dan menerima tanggapan apa pun secara pribadi dan individu.

Perhatikan bahwa orang hanya akan menerima siaran WhatsApp Anda jika mereka telah menyimpan nomor Anda di buku alamat mereka.

6. Kunci WhatsApp untuk Meningkatkan Privasi

Apakah banyak orang menggunakan ponsel Anda? Mungkin anak-anak Anda menggunakannya untuk bermain game atau sekretaris Anda menggunakannya untuk menelepon atas nama Anda.

Untungnya, ada cara untuk mengunci WhatsApp dan menjauhkan isinya dari mata-mata. Dulu Anda perlu menginstal aplikasi pihak ketiga, tetapi sekarang tidak lagi. Fungsionalitasnya sekarang menjadi bagian asli dari WhatsApp; Anda dapat menggunakan sidik jari untuk mengamankan kotak masuk di Android atau Touch ID atau Face ID di iOS.

Untuk mengatur kunci sidik jari WhatsApp di Android, buka Opsi lainnya > Pengaturan > Akun > Privasi dan gulir ke bawah ke Kunci sidik jari. Geser sakelar di sebelah Buka Kunci dengan sidik jari ke posisi Nyala.

Jika Anda pengguna iOS, buka Pengaturan  > Akun  >  Privasi  >  Kunci Layar dan nyalakan Memerlukan ID Sentuh atau Memerlukan ID Wajah.

7. Privasi Obrolan WhatsApp

Dua centang biru. Anugerah untuk kegunaan, pukulan untuk privasi.

Jika Anda hanya mengobrol dengan teman dan keluarga, itu mungkin tidak penting, tetapi bagaimana jika nomor Anda ditambahkan ke grup besar yang penuh dengan orang asing untuk konferensi atau pernikahan? Anda mungkin tidak ingin semua orang melihat wajah Anda dan diberi tahu saat Anda mengetik.

Solusinya adalah mengedit visibilitas status Last Seen AndaFoto ProfilTentangStatus, dan Tanda Terima Dibaca.

Untuk melakukannya, buka Opsi lainnya > Pengaturan > Akun > Privasi dan buat perubahan yang diperlukan. Anda dapat memilih apakah semua orang, kontak Anda, atau tidak ada yang melihat detail Anda (meskipun tanda terima baca hanya aktif/nonaktif).

8. Bisukan Obrolan WhatsApp yang Mengganggu

Jadi, Anda akan ditambahkan ke grup yang berisi anggota keluarga atau rekan kerja. Kadang-kadang bisa berguna, tetapi lebih sering diisi dengan obrolan konyol tentang kucing nenek atau lembar kerja Barry.

Jika Anda meninggalkan grup, Anda akan membuat anggota lain tersinggung. Lagi pula, mengapa Anda tidak ingin diperingatkan setiap kali sepupu Anda mengirim foto bayi barunya melakukan sesuatu yang “lucu”?

Simpan kewarasan Anda dengan mematikan obrolan secara bebas. Navigasikan ke obrolan yang ingin Anda senyapkan, lalu ketuk Opsi lainnya > Bisukan. Anda akan diberikan pilihan untuk menonaktifkannya selama delapan jam, seminggu, atau satu tahun dan ada juga kotak centang yang memungkinkan Anda menonaktifkan notifikasi di layar.

9. Ubah Latar Belakang WhatsApp

WhatsApp telah ada sejak 2009, namun masih menggunakan gambar latar belakang yang sedikit aneh yang diisi dengan orat-oret kartun. Ada yang harus lebih baik dari itu, kan?

Untungnya, Anda bisa mengubahnya. Ikuti Opsi lainnya > Pengaturan > Obrolan > Tampilan > Wallpaper dan Anda akan dapat menambahkan gambar Anda sendiri dari perpustakaan Anda, menghapus wallpaper sekaligus untuk latar belakang abu-abu, atau memilih warna solid alternatif.

10. Cari Pesan WhatsApp

Berapa kali Anda mendapati diri Anda dengan panik menelusuri kembali pesan-pesan lama untuk mencoba dan menemukan nomor telepon atau alamat email penting?

Hemat waktu dan jempol Anda dengan menggunakan fitur pencarian bawaan WhatsApp. Cukup buka obrolan yang ingin Anda cari, lalu ketuk Opsi lainnya > Cari dan masukkan frasa yang Anda cari. Di iPhone, Anda harus membuka tab Obrolan dan menggesek ke bawah untuk membuka kotak pencarian.

11. Pesan Berbintang

Tentu saja, daripada putus asa mencari untuk menemukan pesan lama, bukankah lebih baik jika Anda bisa proaktif dan menyimpannya pada saat diterima?

Lihatlah Anda bisa! Cukup tekan lama pada satu pesan lalu ketuk ikon bintang di bilah di bagian atas layar. Untuk melihat semua pesan berbintang Anda, klik Opsi lainnya > Pesan Berbintang.

12. Pin Kontak Sering

Wajar jika Anda akan berbicara dengan beberapa kontak keluarga, mitra, sahabat ebih dari yang lain. Tetapi jika kotak masuk WhatsApp Anda melihat lusinan pesan baru setiap hari, akan sangat mengganggu jika Anda harus menggulir/mencari kontak yang biasa Anda gunakan setiap kali Anda ingin mengirim pesan.

Oleh karena itu, pintasan WhatsApp lain yang berguna adalah menyematkan pesan WhatsApp dari kontak yang sering dihubungi ke bagian atas daftar kotak masuk Anda. Untuk melakukannya, tekan lama pada obrolan yang ingin Anda sematkan, lalu tekan ikon Pin di bagian atas layar. Untuk melepas pin, ulangi prosesnya.

13. Tandai Obrolan sebagai Belum Dibaca

Saat Anda membuka percakapan WhatsApp, aplikasi akan segera menandai semua pesan dalam grup sebagai telah dibaca, meskipun Anda tidak menggulir semuanya. Itu agak mengganggu; Anda mungkin lupa untuk kembali ke obrolan untuk merespons jika tidak lagi ditampilkan sebagai belum dibaca.

Untuk mengingatkan diri sendiri, Anda dapat mencoba mengatur obrolan kembali ke status belum dibaca. Melakukannya tidak akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak pesan individual dalam obrolan yang belum Anda baca, tetapi itu akan menandai obrolan dengan titik biru “Belum Dibaca”.

Untuk menandai obrolan sebagai belum dibaca di WhatsApp, tekan lama pada percakapan yang dimaksud, lalu buka Opsi Lainnya > Tandai sebagai belum dibaca.

14. Lihat Saat Seseorang Membaca Pesan WhatsApp Anda

Kami tahu dua centang biru di samping pesan yang Anda kirim berarti penerima telah menerima dan membukanya tetapi mereka tidak mengungkapkan informasi lebih lanjut.

Untuk wawasan yang lebih tepat tentang pesan yang Anda kirim, Anda dapat menekannya lama di jendela obrolan dan memilih ikon Informasi di bagian atas layar. Anda akan melihat stempel waktu yang ditampilkan saat pesan mendarat di perangkat orang lain, dan jam berapa dibuka.

15. Tambahkan Pemformatan ke Pesan WhatsApp

WhatsApp tidak menampilkan editor teks lengkap, tetapi memungkinkan Anda menambahkan beberapa pemformatan ke pesan yang Anda kirim. Jika Anda mengirim teks yang panjang, ini adalah cara yang bagus untuk membuat konten lebih mudah dicerna oleh orang yang membacanya.

Empat jenis pemformatan tersedia:

  • Teks tebal: Tambahkan tanda bintang (*) di setiap sisi teks.
  • Teks miring: Tambahkan garis bawah (_) ke setiap sisi teks.
  • Dicoret: Tambahkan tilde (~) ke setiap sisi teks.
  • Monospace: Tambahkan tiga backticks (“`) ke setiap sisi teks.

Pelajari Lebih Lanjut Tentang WhatsApp

Pintasan, tip, dan trik WhatsApp ini akan dengan cepat mengubah Anda menjadi pengguna yang kuat. Namun sebenarnya, daftar ini hanya menggores permukaan dari apa yang mungkin.

Untuk informasi lebih lengkap kunjungi WartaINET.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.